Perpustakaan Universitas 'Aisyiyah Bandung Berita Membudayakan Kultur Literasi, Perpustakaan UNISA Bandung bersama Badan Pusat Statistik Kota Bandung Mengadakan Workshop SPSS

Membudayakan Kultur Literasi, Perpustakaan UNISA Bandung bersama Badan Pusat Statistik Kota Bandung Mengadakan Workshop SPSS

Kebebasan intelektual tidak akan terwujud tanpa berpikir kritis, berpikir kritis tidak akan terwujud tanpa literasi.

Memahami pentingnya kultur literasi di perguruan tinggi, yang akan mendukung pelaksanaan Tri Dharma, perpustakaan UNISA Bandung meraih mitra baru yakni Badan Pusat Statistik Kota Bandung. Kerjasama yang dijajaki pada Kamis 7 Maret 2024 berlanjut pada terlaksananya acara Kelas Literasi Informasi Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir: Workshop SPSS.

Dilatarbelakangi dengan tingginya tantangan mengolah data penelitian melalui SPSS yang dialami civitas akademika UNISA Bandung, perpustakaan mulai menyebarkan survey kebutuhan yang menjamin kesuksesan workshop. Setelah ditelaah dan didiskusikan, diputuskanlah acara akan berbentuk hibrida dengan 32 civitas yang bertugas sebagai mentor menghadiri acara luring di Aula Lt. 4 Kampus II Universitas `Aisyiyah Bandung pada Selasa 30 April 2024. Para mentee atau civitas lainnya mengikuti acara secara daring melalui telekonferensi Zoom Meeting dan Live YouTube. Rencananya, setelah Workshop selesai, mentor akan mengajari mentee bagian yang belum dipahami mereka. 

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Badan Pusat Statistik Kota Bandung Bapak Samiran S.Si, M.T., dilanjutkan dengan serah terima plakat dan kenang-kenangan dari UNISA Bandung. Pematerian dibawakan oleh empat pemateri. Materi pertama “Dasar-Dasar Statistik & Pengenalan SPSS V25” dibawakan oleh Andreas Saragih, S.M. Selanjutnya materi “Uji Validitas & Uji Realibilitas” dibawakan oleh Lestari Frimadona R, S.Si. Materi ketiga “Uji Asumsi Klasik” dibawakan oleh Erni Latifah, S.ST. Terakhir materi ditutup dengan “Uji Korelasi & Regresi Berganda” yang dibawakan oleh Fitri Intan Pertiwi, S.ST.

Di sesi pertanyaan dan diskusi, dosen maupun mahasiswa aktif menanyakan, mengonfirmasi kembali materi yang belum begitu dipahami, dan dengan antusias menggali lebih lanjut layanan konsultasi langsung di kantor BPS Kota Bandung. 

Setelah sesi foto bersama dan penyerahan sertifikat, perwakilan BPS Kota Bandung dan Perpustakaan UNISA Bandung melanjutkan diskusi ringan mengenai kerjasama, yang In Syaa Allah akan berbuah ke even-even literasi berikutnya.

Acara ini juga diliput di website BPS Kota Bandung. Kunjung di sini dan di sini.

(Nurul Aziza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

PENDAMPINGAN REPOSITORY UNISA BANDUNG DENGAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI)PENDAMPINGAN REPOSITORY UNISA BANDUNG DENGAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI)

Bandung (23/11/2022). Dalam upaya meningkatkan pelayanan Repositori Institusi, maka Tim Perpustakaan dan Jajaran Biro SIstem Informasi Terintegrasi UNISA Bandung melaksanakan kunjukan ke Perpustakaan UPI untuk berdiskusi mengenai hal yang diperlukan