Perpustakaan Universitas 'Aisyiyah Bandung Berita Menuju “Lebih Baik” Dan Melampauinya: Keikutsertaan Perpustakaan UNISA Bandung dalam Workshop Akreditasi 

Menuju “Lebih Baik” Dan Melampauinya: Keikutsertaan Perpustakaan UNISA Bandung dalam Workshop Akreditasi 

Tidak dapat dipungkiri bahwa dukungan di masa-masa yang menantang dapat menjadi udara segar pemberi kelegaan bagi perpustakaan.

UPT Perpustakaan UNISA Bandung sebagai salah satu perpustakaan perguruan tinggi yang tengah mempersiapkan diri menghadapi Reakreditasi Perpustakaan menarik napas dan menyingsingkan lengan dalam upaya meningkatkan kualitasnya kali ini. 

Tantangan berubahnya instrumen: dari 6 komponen menuju 9 komponen mengobarkan api semangat kreativitas dan inovasi yang telah dorman di dalam diri pustakawan-pustakawan UPT Perpustakaan UNISA Bandung. 

Perpustakaan UNISA Bandung menyambut gembira dan berterimakasih pada Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Barat yang telah mengadakan Workshop Akreditasi Perpustakaan Menuju Perguruan Tinggi Unggul Tahun 2024 demi mensosialisasikan dan mengajak perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi dalam upaya peningkatan kualitas bersama.

Tema yang diusung “Peran Perpustakaan Terakreditasi dalam Mendukung Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi” dibedah dan diuraikan secara spesifik dan komprehensif oleh Bapak Renda Khris Artha, M.Si yang merupakan Asesor Akreditasi Perpustakaan Nasional RI. Beliau menekankan dua tujuan utama dari pertemuan ilmiah kali ini yakni memberikan pemahaman terkait pentingnya Akreditasi Perpustakaan untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi dan memberikan informasi terkait Intrumen Akreditasi Perpustakaan 9 Komponen

Dalam acara yang bertempat di Auditorium Universitas Perjuangan Tasikmalaya pada 5 Maret 2024, Perpustakaan UNISA Bandung mengirimkan utusan yakni pustakawan Divisi Literasi Informasi Alianovika Nur Prima, S.S.I. dan pustakawan Divisi Layanan Teknis Sri Hastuti S,Sos.

Kedua pustakawan mendapatkan ilmu dan penegasan mengenai pentingnya akreditasi perpustakaan perguruan tinggi, diantaranya: sebagai jaminan konsistensi kualitas, umpan balik kualitas, peningkatan status kelembagaan, olak ukur keberhasilan layanan dan rujukan untuk perpustakaan lain.

Dibedah juga ke-9 komponen dan aplikasinya dalam persiapan akreditasi. Komponen-komponen kini tidak hanya terkait koleksi, sarana prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan. Namun juga terdapat komponen pendukung yakni inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat.

Mudah-mudahan, dengan membekali diri dalam persiapan reakreditasi, acara reakreditasi Perpustakaan UNISA Bandung akan berjalan lancar. (Nurul Aziza)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Semuanya Tentang Kesan Pertama: User Education Perpustakaan UNISA Bandung Tak Sekedar Perkenalan Diri BelakaSemuanya Tentang Kesan Pertama: User Education Perpustakaan UNISA Bandung Tak Sekedar Perkenalan Diri Belaka

“Hal-hal baru bisa semenakutkan keseruannya.” Dengan banyaknya hal-hal baru disuguhkan ke tangan mahasiswa baru, bersamaan dengan berbagai hal baru yang perlu mereka ingat: tempat baru, orang baru, sistem baru. Dunia